Cara Budidaya Ayam Joper : Analisa, Pakan, dan Harga Terbaru

Cara Budidaya Ayam Joper : Analisa, Pakan, dan Harga Terbaru

Saat ini banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara ternak ayam joper. Ayam joper ini sendiri adalah hasil dari perkawinan antara ayam kampung jantan dengan ayam betina petelur. Perlu Anda ketahui, ternyata ada banyak sebutan untuk ayam ini.

Diantaranya adalah ayam kampung super, ayam jawa super, ayam komper dan masih banyak sebutan lainnya. Untuk menambah wawasan Anda, terutama jika ingin mendirikan peternakan ayam maka informasi ini sangat membantu.

Bagaimana Cara Ternak Ayam Joper Agar Cepat Panen?

Cara Budidaya Ayam Joper

Seorang peternak ayam pasti ingin cepat merasakan panen, karena dengan begitu salah satu hal yang menandakan bahwa usaha ternak itu bisa berjalan lancar dan berkembang. Ternak ayam jenis satu ini sudah menjanjikan kepada para peternak dengan keuntungan yang berlipat. Lalu, bagaimana cara ternak ayam joper?

1. Menyiapkan Kandang untuk Ayam Joper

Cara Budidaya Ayam Joper

Jika Anda ingin ayam yang diternak merasa nyaman dan tidak stress maka Anda harus menyiapkan kandang yang tepat. Untuk kandang yang disiapkan terdapat dua jenis, yaitu untuk ayam yang masih anakan dan ayam yang siap panen. Biasanya kandang untuk ayam siap panen dibuat dengan ukuran 100 meter persegi. Dengan ukuran yang cukup besa itu, bisa menampung sehingga 1000 ekor ayam siap panen.

Agar ayam tidak stress alangkah baiknya jika Anda membuatkan kandang ayam yang jauh dari permukiman. Selain untuk kebaikan ayam itu sendiri juga demi kebaikan warga yang ada di sekitar. Tapi, meskipun begitu Anda harus memastikan bahwa wilayah yang dijadikan lokasi kandang harus dekat dengan terjangkaunya air dan transportasi. Karena, kedua hal tersebut adalah kebutuhan pokok dalam menjalankan ternak.

Selain itu, yang perlu Anda perhatikan untuk kandang dan lingkungan ayam adalah kebersihannya. Jika Anda membiarkan kandang kotor dengan kotoran ayam yang jarang dibersihkan dan kurang adanya sinar matahari yang masuk maka akan menyebabkan kelembaban. Kemudian apa yang akan terjadi?banyak bakteri dan kuman yang hidup sehingga memberi penyakit kepada ayam ternak Anda.

Oleh karena itu, mulai dari membuat kandang hingga menjaga kebersihan kandang harus benar-benar diperhatikan.

2. Mencari Bibit Ayam yang Unggul

Cara Budidaya Ayam Joper

Sebelum menjalankan ternak, maka Anda harus cermat dalam memilih bibit unggul yang sehat dan memiliki kualitas bagus. Salah satu yang paling utama untuk dipertimbangkan adalah ukuran anakan ayam. Jika Anda menginginkan ayam yang besar-besar nantinya maka Anda juga harus memilih bibit ayam yang besar. Selain itu, waktu penetasan juga alangkah baiknya diperhatikan. Maksudnya adalah apabila waktu penetasannya tepat 21 hari maka bibit ayam memang baik.

Ciri-ciri yang bisa Anda perhatikan dari luar untuk menunjukkan bahwa bibit ayam tersebut unggulan adalah matanya terang dan bersinar, Tidak ada cacat bawaan dari seluruh organ tubuhnya, tubuhnya bisa berdiri dengan tegap dan bulunya bersih mengkilap.

3. Memberikan Pakan Ayam Joper yang Berkualitas

Cara Budidaya Ayam Joper

Suatu hal yang mendorong keberhasilan Anda dalam menjalankan usaha ternak adalah pakan berkualitas yang diberikan kepada ayam joper. Pakan yang bagus adalah memiliki kandungan protein yang cukup. Tapi pakan berkualitas saja tidak cukup untuk bisa membuat ayam tersebut cepat besar dengan keadaan sehat.

Masalah pakan yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah takaran pakan ayam joper yang harus diberikan selama sehari dua kali. Waktu yang tepat adalah pagi dan sore hari jangan sampai terlupa. Karena, terlambatnya pemberian pakan juga menjadi faktor stressnya ayam ternak Anda.

4. Menghindarkan Ayam dari Penyakit

Cara Budidaya Ayam Joper

Agar semua ayam Anda terhindar dari segala penyakit maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan kebersihan ayam dan kandangnya. Selain menjaga kelembabannya, Anda juga harus memastikan bahwa sekitar kandang tidak ada genangan air yang menjadi sumber penyakit.

Kalau perlindungan dari ayamnya sendiri bisa Anda lakukan dengan selalu memberikan vitamin atau beberapa obat lain jika ayam joper mengalami permasalahan kesehatan.

5. Melakukan Manajemen Peternakan

Cara Budidaya Ayam Joper

Manajemen yang dimaksudkan disini bukanlah perkara pendapatan dan urusan keuangan lainnya. Melainkan Anda usahakan untuk membuat jadwal yang teratur, dimana disitu tertulis kapan Anda harus melakukan pengecekan kesehatan ayam, pengecekkan kebersihan kandang, hingga jadwal teratur untuk memberi pakan.

Kenapa harus dengan cara yang seperti ini? Sebenarnya cara yang satu ini hanya menghindarkan Anda dari yang namanya lalai atau lupa.

Melakukan Analisa Ternak Ayam Joper 100 Ekor

Cara Budidaya Ayam Joper

Analisa yang harus Anda lakukan adalah keuangan dan peluang usaha yang ada pada wilayah Anda. Jika memang Anda berada di daerah yang peminat ayamnya banyak maka bisa dipastikan bahwa usaha Anda akan bisa berjalan baik dan justru berkembang. Sedangkan dalam keuangan, kalau Anda adalah seorang peternak pemula maka tidak ada salahnya jika memulai dengan kapasitas yang sedikit dulu. Anda bisa memulainya dengan ayam sebanyak 100 ekor.

1. Apa saja dan dengan perkiraan modal berapa yang harus Anda siapkan?

Cara Budidaya Ayam Joper
  • Bibit Ayam Joper 100 Ekor (Rp590.000 dengan @5.900)
  • Pakan (Rp350.000/karung)
  • Vaksin (Rp100.000)
  • Vitamin (Rp36.000)
  • 5 Bohlam Lampu (Rp20.000)
  • Wadah Makan dan Minum (Rp150.000)
  • Listrik (Rp50.000)

Jadi, jika ditotal perkiraan modal yang Anda butuhkan sekitar Rp2.364.000. Tapi Anda harus ingat ini hanya perkiraan saja, bisa kurang dan bisa lebih.

Kalau untuk kandang ayam joper 100 ekor bisa Anda kira-kira sendiri menggunakan bahan seperti apa dan mengeluarkan modal berapa. Kandang selalu tergantung dengan peternaknya sendiri.

Dengan modal yang terbilang kecil itu, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan jutaan tiap harinya. Tapi dengan catatan Anda harus fokus dan memperhitungkan setiap pengeluaran mana yang penting dan mana yang bisa dikurangi. Dengan demikian, peternakan yang Anda jalankan bisa terus berkembang dengan untung yang semakin lama semakin besar.

2. Apa Saja Kerugian Ternak Ayam Joper?

Cara Budidaya Ayam Joper

Sebenarnya usaha apapun, pekerjaan apapun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada yang hanya untung saja dan tidak rugi sama sekali, begitupun sebaliknya. Nah, oleh karena itu jangan pernah beranggapan bahwa pekerjaan tersebut tidak enak, tidak recommended. Karena, sebenarnya semua orang memiliki zona nyamannya masing-masing dalam setiap pekerjaannya.

Agar Anda bisa mempertimbangkan sebelum memulai usaha ternak maka Anda harus mengetahui kekurang pada bisnis ayam joper ini. Kekurangan atau kelemahannya adalah ayam joper memiliki kemampuan yang minim dalam mengerami telurnya sehingga para peternak memutuskan untuk menjadikannya ayam joper pedaging.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena kekurangan seperti ini tidak akan menjadi hal yang berarti untuk para peternak dan bahkan menimbulkan kerugian. Sama sekali tidak karena masih memiliki jalan keluar yang justru lebih menguntungkan. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkannya secara matang dan baik-baik.

3. Berapa Harga DOC Ayam Joper?

Cara Budidaya Ayam Joper

Seperti yang sudah dituliskan pada bagian analisa, anakan ayam joper bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp5.900 saja. Sudah tentu harga ini termasuk harga yang murah dan terjangkau untuk membeli 100 ekor sebagai permulaan bisnis ternak ini. Harganya terbilang ekonomis, karena kebutuhan untuk memulai sebuah usaha tidak hanya bibit saja. Melainkan perlengkapan kandang, pakan dan vaksin, hingga modal operasionalnya.

Ketika usaha ternak Anda sudah berkembang dan mendapatkan banyak konsumen maka Anda akan membutuhkan banyak karyawan atau pegawai. Baik untuk merawat ayam, merawat kebersihan lingkungan kandang, dan karyawan yang bertugas mengirim ternak kepada para konsumen.

Biasanya konsumen yang dituju bukan hanya orang rumahan saja, melainkan rumah makan yang menjual masakan olahan ayam. Apabila rumah makan tersebut sudah ramai maka akan langsung membeli ayam pada peternak tidak berbelanja di pasar saja. Tidak heran jika para peternak memiliki peluang usaha yang besar.

Itulah beberapa cara ternak ayam joper yang harus Anda ketahui untuk mendapatkan banyak keuntungan. Pengetahuan yang cukup sangat penting sebelum mendirikan usaha atau bisnis apapun tidak terkecuali usaha ternak. Mulai dari tempat yang akan digunakan hingga perawatan ayam ternak yang baik memang harus diperhatikan pada setiap detailnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semua orang, baik untuk sekedar menambah wawasan atau dijadikan bekal usaha.

Tinggalkan komentar