Cara Membuat Drone

Mengambil gambar dari angkasa dengan menggunakan drone sekarang makin populer, sehingga muncul cara membuat drone sederhana yang bisa dilakukan sendiri. Drone merupakan salah alat perekam video dan gambar paling banyak digunakan. Bahkan drone juga digunakan pada militer untuk meninjau keamanan Negara. Ingin rasanya memiliki drone lalu menggunakannya namun, sayang sekali Anda masih tidak memiliki tabungan yang cukup untuk membeli drone.

Harga yang ditawarkan untuk satu drone yang paling murah yaitu 500 ribu ke atas, itupun kualitas dronenya standart. Bila drone dengan spesifikasi super harganya dipatok sangat mahal tetapi, keunggulannya sudah tidak diragukan lagi. Tinggal menunggu keputusan Anda untuk memilih drone harga mahal atau murah. Berbeda jika Anda mengalami kesulitan dalam membeli drone karena keuangan kurang, jangan terlalu sedih pasti ada jalan keluar untuk memiliki drone.

Tidak bisa membeli drone bukanlah permasalahan yang besar, karena Anda bisa membuat drone sendiri. Perkembangan zaman semakin maju, semakin banyak inovasi teknologi yang dilakukan oleh para ahlinya. Salah satunya yaitu membuat drone rakitan, mungkin kedengarannya drone rakitan sangat tidak meyakinkan namun hasilnya sama dengan drone yang berada di toko. Sama persis mulai dari penerbangan, remote control, kamera dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Drone Mudah, Murah dan Cepat

Buat apa sih harus merakit drone sendiri? Salah satu alasannya yaitu Anda tidak mampu membeli drone yang berada ditoko. Bisa juga Anda ingin melakukan inovasi pada pembuatan rakitan drone yang terbaru. Bila dapat membuat drone sendiri maka, diri ini akan bangga karena bisa. Orang lain belum tentu bisa merakit drone, tetapi Anda telah membuktikannya bahwa bisa merakitnya.

Apakah Anda sudah siap merakit drone sendiri? Pasti sangat tertarik sekali dalam melakukan hal ini, pertama yang harus Anda persiapkan dalam membuat drone yaitu membeli komponen drone. Seperti yang kita ketahui drone memiliki beberapa komponen penting sehingga dapat berfungsi seperti itu. Lantas komponen apa saja yang dibutuhkan dalam membuat drone? Berikut ini merupakan komponen yang wajib disiapkan.

1. Rangka drone
Bahan pertama yaitu sebuah rangka drone, Anda bisa membuat rangka dari bahan aluminium, kayu, dan lainnya. Buat rangka seperti bentuk drone pada umumnya, yaitu ada empat lengan yang akan menjadi tempat melekatnya baling-baling. Sebelumnya bila Anda merasa tidak bisa membuat rangka maka, beli saja rangka jadi yang dijual pada toko. Ada berbagai macam bentuk rangka yang bisa Anda pilih disana.

2. Motor
Ada dua pilihan motor yang digunakan untuk merakit drone yaitu outrunner dan brusless. Total motor yang digunakan ada 4 buah, jadi Anda harus membeli sesuai jumlah yang diperlukan. Perlu Anda ketahui bahwa ukuran jenis motor drone yaitu kilo volt, jadi semakin tinggi ukuran motor drone maka rpmnya juga ikut tinggi. Ingin drone melaju kencang maka, gunakan saja motor yang berukuran tinggi.

3. FCB (Flight control Board)
FCB merupakan komponen utama yang wajib disediakan. FCB memegang peranan penting yaitu sebagai otak drone. Di dalam FCB terdapat berbagai macam fitur seperti accelerometer, gyro, dan GPS. FCB tidak harus dibuat sendiri karena sangat sulit, lebih baik Anda membelinya di toko. Harganya cukup terjangkau dan kualitasnya cukup bagus.

4. Baling-baling
Ada 4 lengan drone sehingga baling-baling yang dibutuhkan harus 4. Saat memasang baling-baling jangan sampai keliru, karena dua baling-baling arah putaran mengikuti jarum jam dan lainnya berlawanan dengan arah jarum jam. Bentuk serta ukuran baling harus disesuaikan dengan besarnya rangka agar nantinya dapat terbang dengan baik.

5. Charger dan baterai
Ada hal yang harus diperhatikan saat memilih baterai drone yaitu kapasitas, jenis konektor dan jumlah cell. Biasanya jenis baterai yang digunakan yaitu Lithium Polymer. Baterai tersebut memiliki ukuran sebesar 3,7 volt dalam satu cell baterainya. Bila jumlah sel makin banyak maka, ukuran voltnya semakin besar.

6. Remote control
Remote yang digunakan untuk mengendalikan drone sangat khusus. Dalam remote drone haru ada chanel sebanyak 4 buah, chanel tersebut yaitu ada yaw, thorttle, roll, dan pithch. Kalau Anda bisa membeli remote mode advane maka lebih baik lagi, karena didalamnya sudah dilengkapi dengan fitur flight mode serta cara merekamnya.

Komponen drone sudah disiapkan semuanya, waktunya melakukan perakitan. Anda bisa mulai dari memasang dari komponen pertama hingga nomor 5. Kemudia bila sudah dirakit, cobalah untuk menghubungkan drone dengan remote control. Bila belum bisa terhubung maka, Anda wajib mengetahui kesalahan yang Anda perbuat. Pastikan drone dan remote control bisa berhubungan, jika sudah terhubung sekarang drone rakitan sudah siap untuk digunakan.

Kayaknya merakit drone membutuhkan kesabaran yang sangat tinggi, memang hal tersebut sangat betul sekali. Apabila Anda tidak sabar dalam merakit drone maka, dijamin Anda tidak akan bisa memasang antara komponen satu dengan lainnya. hasilnya Anda tidak akan pernah bisa membuat drone sendiri. Meski caranya sederhana tetapi terlalu susah jika tidak dipahami dengan betul. Pokoknya jangan sampai menyerah dalam membuat drone, Anda pasti bisa.

Ada keistimewaan ketika Anda merancang drone sendiri. Keistimewaan tersebut yaitu dapat membentuk desain drone sendiri yang berbeda dari lainnya, dapat membuat drone paling hebat dengan menggunakan komponen kualitas tinggi, drone bisa diberi warna sesuka hati, dan tentunya biaya yang dikeluarkan sangat terjangkau sekali. Itulah keistimewaan yang nantinya bisa Anda rasakan ketika membuat drone sendiri.

Cara Membuat Drone dengan Harga Terjangkau

Kita telah mengetahui komponen apa saja yang dibutuhkan dalam membuat drone, tentunya komponen tersebut ada yang dibeli dan dibuat sendiri. Beberapa komponen yang dibeli pada toko dipatok dengan harga yang cukup mahal namun tidak semahal dari harga drone di toko. Bila memikirkan tentang harga pembuatan drone sendiri, kira-kira berapa sih biaya yang dikeluarkan dalam sekali membuat drone? Pasti Anda merasa penasaran sekali dengan biayanya.

Sebenarnya harga per komponennya dapat dibilang cukup mahal, namun memiliki kelebihan yaitu bahannya sangat awet dan kuat. Dari kelebihan tersebut maka bisa dikatakan bahwa harga pembuatan lebih murah karena sebanding dengan kualitas komponen yang sangat bagus. Harga bisa ditentukan sendiri oleh Anda, kenapa demikian? Karena setiap komponen drone memiliki variasi jenis dengan harga berbeda.

Semua variasi jenis komponen drone memiliki keunggulan sendiri-sendiri sehingga menimbulkan perbedaan harga. Bila Anda ingin membuat drone dengan harga terjangkau maka, dapat membeli komponen yang murah saja. Memang harga bisa dikatakan murah namun kualitas komponen tersebut tidak murah, bahkan sangat bagus sekali. Sebaliknya jika Anda menginginkan merakit drone yang lebih hebat bisa memilih komponen mahal.

Menyenangkan bisa mempelajari merakit drone hingga mengetahui harga pembuatan drone. Bila Anda tertarik maka, sekarang waktu yang tepat untuk membuat drone karya sendiri. Cepat beli komponennya dan kita tunggu hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *