Cara Menghitung Luas Bangunan

Cara Menghitung Luas Bangunan

Menghitung Luas Bangunan tidak seperti menghitung luas halaman yang bentuknya masih tergolong luas bangun datar. Luas bangunan memiliki dimensi ruang sekaligus ada bagian lain dari bangunan itu yang juga mempengaruhi hasil jumlah luas bangunan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, menghitung luas bangunan ada caranya, sehingga bisa dipelajari sekalipun otodidak.

Luas Bangunan merupakan salah satu bentuk yang ukurannya menggunakan meter persegi atau huruf m dengan angka dua di atasnya. Untuk menghitung luas bangunan, diperlukan suatu keterampilan dan cara agar ketika mengukur luas bangunan suatu tempat bisa benar-benar dilakukan. Adapun langkah-langkah dalam mengukur sebuah bangunan di rumah adalah sebagai berikut:

Membawa Meteran dan Penggaris

Membawa Meteran dan Penggaris

Untuk menjadi seorang pengukur atau orang yang suka dengan permainan matematika, hitung-hitungan dan menggunakan alat akan membuatnya menjadi lebih mudah. Meteran dan penggaris merupakan alat yang diharapkan mampu mengajaknya berinteraksi dengan sebuah alat yang dapat berguna untuk mengukur, tidak hanya bermain angka saja, melainkan masih terkandung seni berhitung dengan alat-alat tertentu.

Menggunakan alat ukur dalam ilmu matematika membuat kegiatan berhitung menyenangkan dan tidak monoton. Hanya saja jika permainan tersebut diulang berkali-kali, maka akan menghasilkan permainan yang menjenuhkan.

Dua alat “Meteran dan Penggaris” merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur seberapa Panjang dari suatu tempat. Dari alat meteran, dapat kita ketahui, ada banyak angka dengan ukuran yang banyak pula. Ukuran tersebut nantinya akan semakin membingungkan, jika tidak terlalu paham.

Angka yang diperuntukkan untuk mengukur panjang adalah dalam satuan meter. Biasanya angka yang tertera diberi ukuran sedang. Tidak terlalu besar, angka itu tetapi bisa mencapai puncaknya yaitu 100 meter. Adapun jenis meteran yang digunakan adalah meteran yang dikhususkan untuk mengukur bangunan, jangan yang untuk benda kain atau yang lainnya yang ukurannya lebih kecil, karena itu hanya mempersulit pekerjaan saja.

Meteran untuk bangunan biasanya ada tempatnya sendiri dan posturnya kaku, terbuat dari besi. Dengan menggunakan meteran tersebut, harus ada dua orang yang mengukur, yang satu memegangi sekaligus memastikan bergeser atau tidaknya meteran itu. Lalu satunya lagi mengukur dengan cara mengulurkannya hingga ke jarak yang diinginkan. Yaitu sampai puncak batas yang hendak Anda ukur.

Mengukur Benda yang Hendak dihitung Luasnya

Mengukur Benda yang Hendak dihitung Luasnya

Setelah Anda mengetahui apa itu luas bangunan, dan bagaimana caranya dalam proses pengukurannya. Kini Anda akan praktek secara langsung bagaimana cara mengukur luas. Cara dalam tulisan tidaklah cukup, untuk mengajari seseorang yang notabene sudah pernah belajar tentang rumus luas dan berhasil menemukan jawaban.

Hanya saja sekarang ini ilmu tersebut harus diaplikasikan agar tidak mudah lupa dan masalah pengukuran disesuaikan dengan hasil jerih-payah Anda dalam strategi pemikiran dan , dalam proses pengukuran yang baik dan benar. Dalam langka yang pertama adalah mengumpulkan alat-alat pengukuran luas sebuah bangunan. Yaitu penggaris atau bisa meteran.

Lakukan Prosesi Pengukuran Bergantian

Lakukan Prosesi Pengukuran Bergantian

Menjadi orang-orang yang sibuk bekerja, bagi seorang wanita, hal itu tentu tidak boleh terlalu lama. Berlarut dalam kegiatan sehari-hari terutama dalam kegiatan pengukuran untuk mencari seberapa besar luas suatu daerah. Ketika eksekusi sedang berlangsung, ada beberapa hal yang penting yang harus Anda ketahui. Mengerti bentuk dasar yang akan dihitung. Baik itu berbentuk persegi atau persegi panjang.

Dengan mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh orang yang sedang mengukur luas bangunan, Anda tinggal mengambil beberapa tugas atau job yang membutuhkan untuk diukur. Di antaranya jika tidak berupa job apapun, bisa jadi yang diukur adalah rumah Anda sendiri.

Mengetahui seberapa panjang dan pendek atau seberapa luas rumah Anda merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Namun apabila Anda masih tertarik, bisa jadi seorang saudara menginginkan saudara yang lain berarti karena suatu alasan tertentu.

Mengukur Panjang dan Lebar Bangunan

Setelah Anda mengetahui apa yang hendak dihitung, semisal luas untuk bangunan rumah Anda. Anda pun mulai mencari berapa panjang dan lebar dari bangunan rumah Anda. Gunakan meteran yang sudah Anda kumpulkan tadi. Lalu gunakan untuk mengukur berapa Panjang dan lebar.

Panjang merupakan suatu sisi yang lebih panjang dari sisi lainnya. Sedangkan lebar adalah kebalikan dari sisi, ia lebih pendek. Rumah biasanya memiliki bentuk persegi Panjang. Di mana ada sisi rumah yang memanjang, itu berarti panjangnya. Silahkan untuk diukur menggunakan meteran.

Lebar adalah sisi yang ukurannya pendek, silahkan ukur rumah Anda di bagian sisi pendeknya. Kalau sudah ketemu jawabannya, silahkan simpan dulu. Karena itu nantinya yang dibuat untuk menghitung luas bangunan  rumah Anda.

Mengubah Cm menjadi M

Mengubah Cm menjadi M

Panjang dan lebar bangunan rumah Anda sudah diketahui. Langkah selanjutnya, dari hasil nilai Panjang dan Lebar, jika masih menggunakan satuan centi meter, maka harus diubah ke dalam ukuran meter.

Mengubah centimeter menjadi meter, bagi Anda yang kesulitan, bisa melihat cara bagaimana mengubah centimeter ke meter. Tapi jika Anda masih butuh bantuan, baiklah. Caranya sederhana, buatlah anak tangga yang berisikan tujuh nama ukuran dari kilometer ke milimeter.

Mengalikan Hasil Nilai Panjang dan Lebarnya

Setelah ketemu, dalam langkah ke 6, Anda harus mengalikan keduanya. Karena hal ini sesuai dengan rumus yang digunakan untuk mencari besar luas dari bangunan (P X L). Maka Panjang dan lebar yang telah Anda cari tadi, kini tinggal mengalikan saja.

Wah, pada giliran langkah di poin enam ini merupakan poin yang ditunggu-tunggu. Karena sebentar lagi Anda akan mengetahui berapa jumlah atau total luas dari bangunan rumah Anda sendiri, selain menambah wawasan, akan ada kepuasan tersendiri karena Anda dapat menghitung berapa jumlah luasnya.

Tinggal Membulatkan Jawaban dari Luas Bangunan

Langkah yang terakhir, setelah Anda menemukan hasil luas bangunan rumah Anda. Masih belum finish jika angka nya masih mengganjal. Oleh karena itu, bulatkan angka dari hasil perhitungan Panjang dikali Lebar tadi. Jika sudah, itulah jawaban yang Anda tunggu.

Dengan mengetahui berapa luas bangun rumah Anda, akan mempermudah sesuatu jika Anda sedang membutuhkannya. Karena dengan mengetahui luas bangun, seseorang akan dapat lebih mengaplikasikan untuk penerapan lebih luas. Luas bangun biasanya sudah tertera di catatan kertas yang biasanya Anda jadikan untuk pembayaran PBB (pajak bumi bangunan).

Dengan mengetahui dari hasil melihat kertas PBB berapa luasnya berbeda rasa ketika Anda mengukurnya secara langsung. Karena Anda dengan mengukurnya sendiri, Anda pun menjadi lebih yakin mengenai ukuran rumah Anda sendiri.

Menemukan hasil dari luas bangunan rumah Anda memang menyenangkan. Hasilnya bisa dijadikan sebagai dasar ketika Anda ingin menjualnya, atau ingin menyewakan rumah itu. Atau bisa jadi ada orang yang hendak bertanya mengenai berapa luas bangunan rumah Anda. Nah, langkah-langkah diatas merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan mengenai berapa luas bangunan rumah.

Tinggalkan komentar