Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan yang Baik dan Benar

Mendapatkan pekerjaan memang adalah salah satu hal yang patut disyukuri. Namun, sering kali ada beberapa hal yang membuat kenyamanan bekerja di suatu perusahaan jadi berkurang. Mulai dari jobdesk yang tidak sepadan dengan upah yang didapat, lingkungan kerja yang tidak mendukung, domisili yang jauh dari kantor, dan lainnya. Jika rasa tidak nyaman semakin besar, maka mengundurkan diri menjadi pilihan terakhir dan terbaik untuk semua pihak.

Salah satu etika mengundurkan diri yang baik dan benar adalah menyerahkan surat pengunduran diri. Nah, surat pengunduran diri itu sendiri adalah surat yang berisi pernyataan bahwa seseorang mengundurkan diri dari suatu perusahaan, instansi pemerintahan, ataupun organisasi.

Jika Anda tidak membuat surat tersebut, akibatnya bisa negatif bagi Anda. Meski pada akhirnya Anda bisa keluar dari tempat kerja, Anda bakal diberhentikan / dipecat secara tidak hormat. Kalau sudah begitu, ada kemungkinan besar Anda tidak bisa mendapatkan pesangon yang harusnya menjadi hak Anda.

Itulah mengapa Anda perlu tahu contoh surat pengunduran diri dari jabatan yang baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Oh iya, surat pengunduran diri tersebut sangat berbeda dengan surat lamaran kerja, terutama pada proses pembuatannya yang mungkin bakal lebih menguras emosi.

Format surat pengunduran diri sebenarnya sangat sederhana. Semakin sederhana suratnya, maka bakal semakin baik. Meski begitu, isinya tetap harus memperhatikan etika profesional. Hal tersebut karena bagaimana pun juga, pengunduran diri seseorang adalah suatu hal yang kurang disukai oleh instansi atau perusahaan dimanapun.

contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

Surat pengunduran diri terdiri dari unsur-unsur berikut ini:

  • Waktu dan tempat pembuatan surat. Bagian ini biasanya ditulis di sebelah kanan atas surat
  • Nama dan alamat tujuan surat. Bagian ini bisa dituliskan di sebelah kanan atau kiri atas surat.
  • Isi surat
  • Tanda tangan serta nama terang pembuat surat
  • Materai (jika memang diperlukan)

Jika Anda sudah memahami seluruh aspek di atas, sekarang saatnya Anda memperhatikan contoh surat pengunduran diri yang kami sertakan di bawah ini. Contoh- contoh yang ada di artikel ini sudah menerapkan ejaan yang baik dan benar, serta mengikuti etika dan aturan yang baku.

3 Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri yang bisa dijadikan acuan untuk Anda jika hendak membuat surat pengunduran diri versi Anda sendiri.

Surat Pengunduran Diri dari Jabatan di Sekolah
Malang, 10 Januari 2018

Yth,
Ketua Yayasan Pendidikan SMA Negeri 31 Suka Tengah, Jawa Timur

Di tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama : Muhammad Saputro Dinata, S.Pd, M.Pd
Tempat,Tanggal Lahir : Malang, 15 Maret 1969
Jabatan : Kepala Sekolah SMA Negeri 31 Suka Tengah
Masa Kerja : 8 tahun
Dengan surat ini ingin mengajukan permohonan untuk mengunduran diri sebagai Kepala Sekolah SMA Negeri 31 Suka Tengah, terhitung mulai tanggal 21 Februari 2018.
Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk mengemban amanah sebagai kepala sekolah, serta kesempatan untuk membimbing murid-murid dalam mengembangkan bakat dan keterampilannya agar menjadi generasi penerus yang berguna bagi bangsa dan negara, serta tidak melupakan kewajiban agamanya.
Selain itu, saya juga ingin memohon maaf kepada Bapak Ketua Yayasan secara khusus, serta kepada jajaran SMA Negeri 31 Suka Tengah secara umum, apabila selama saya menjabat sebagai kepala sekolah, saya telah melakukan kesalahan, yang mungkin menyakiti hati keluarga besar SMA Negeri 31 Suka Tengah.
Tak lupa saya juga berharap agar SMA Negeri 31 Suka Tengah selalu menjadi sekolah favorit. Saya akan selalu mendoakan agar murid-murid di SMA Negeri 31 Suka Tengah selalu menorehkan prestasi – prestasi yang membanggakan sekolah.

Hormat saya,

Muhammad Saputro Dinata, S.Pd, M.Pd

Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan
Jakarta Utara, 18 November 2019

Kepada Yth,
Kepala Cabang JNE Express Jakarta
Jl. Tomang Raya No.167 Kav III, Jakarta Pusat

Dengan Hormat,
Dengan surat ini, saya Gusti Putra Wijaya ingin mengajukan pengunduran diri sebagai karyawan di PT. Jalur Nugraha Ekspedisi TIKI pada bagian Delivery mulai tanggal 25 Desember 2019.
Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena telah diberikan kesempatan, kepercayaan dan pengalaman yang telah diberikan oleh PT. Jalur Nugraha Ekspedisi TIKI kepada saya untuk bisa bekerja dan mendapatkan pengalaman di JNE EXPRESS cabang Jakarta Barat sebagai Kurir selama 1 tahun.
Tak lupa, saya juga ingin meminta maaf kepada segenap jajaran manajemen PT. Jalur Nugraha Ekspedisi TIKI, jika selama saya bekerja terdapat hal-hal kurang berkenan yang telah saya lakukan.
Terakhir, saya berharap agar PT. Jalur Nugraha Ekspedisi TIKI selalu menjadi perusahaan ekspedisi yang terus maju dan menjadi perusahaan ekspedisi nomor 1 di Indonesia.
Sekian surat pengunduran diri ini yang saya buat dalam kondisi sadar dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Hormat saya,

Gusti Putra Wijaya

Surat Pengunduran Diri Guru di Sekolah
Cikarang, 8 September 2018

Kepada Yth.
Kepala SMP Negeri 5 Cikarang
Jln. Raya Cikarang-Cibarusah No. 289, Cikarang Selatan

Perihal : Pengunduran Diri

Dengan hormat,
Yang bertandatangan di bawah ini :
Nama : Abdul Giffari, S. Kom
Tempat, Tanggal lahir : Serang, 30 November 1988
Jabatan : Guru Komputer
NUPTK : 1362766668137003
Alamat : Kp. Cariwuh RT 003 RW 04 Kel. Majuasri Kec. Cikarang Utara, Kab. Bekasi
Melalui surat ini, menyatakan secara resmi untuk mengundurkan diri sebagai Guru Komputer di SMP Negeri52 Cikarang terhitung mulai hari Senin tanggal 17 September 2018, karena sudah mendapatkan Surat Keputusan CPNS 80% sebagai Guru Garis Depan 2018 dengan No.SK 815/428 TAHUN 2018 ,TMT 01-07-2018 yang ditempatkan di Sulawesi Utara, Kolaka Timur Unit Kerja di SMP Negeri 7 Ubeno.
Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada untuk bisa bekerja dan mengajar di SMP Negeri 5 Cikarang, yang mana saya sudah banyak mendapatkan ilmu baik secara moril dan materi. Saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Cikarang dan kepada jajaran Komite, Guru, serta para staf SMP Negeri 5 Cikarang apabila ada hal-hal yang tidak baik dan kurang berkenan yang saya lakukan.
Semoga SMP Negeri 5 Cikarang bisa menjadi sekolah yang terus menonjolkan prestasi, baik di bidang akademik ataupun non akademik, serta terus melahirkan bibit-bibit unggul dari generasi penerus bangsa.

Hormat saya

Abdul Giffari, S. Kom

Ketiga contoh yang telah kami berikan di atas hanyalah beberapa contoh surat pengunduran diri dari jabatan yang telah sesuai dengan ejaan yang baik dan benar, serta memperhatikan etika pengunduran diri di kalangan profesional. Semoga ketiga contoh tersebut bisa menjadi acuan terbaik bagi Anda yang hendak membuat surat pengunduran diri.

Tinggalkan komentar