18 Manfaat Kacang Hijau yang Jarang Diketahui

18 Manfaat Kacang Hijau yang Jarang Diketahui

Siapa yang tidak mengenal kacang hijau? Ini merupakan salah satu bahan makanan yang sering diolah menjadi kolak maupun digoreng. Kelezatan kacang hijau bukan satu-satunya hal yang menyebabkan mereka menjadi populer. 

Ada beberapa manfaat kesehatan yang menjadi prioritas mengapa banyak orang yang menyukai mengkonsumsi olahan kacang hijau ini. Penasaran manfaat kesehatan apa saja yang diberikan oleh kacang hijau? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini:

Manfaat Untuk Melawan Proses Penuaan

kacang hijau melawan proses penuaan

Harus diketahui bahwa sebenarnya kacang hijau merupakan salah satu agen yang kuat untuk mengatasimasalah penuaan. Kehadiran keriput yang menjadi pertanda awal penuaan bisa diatasi dengan zat tembaga yang banyak dimiliki oleh kacang hijau. Bahkan tidak hanya mencegah keriput, zat tembaga ini juga baik dalam mengatasi garis usia dan bintik-bintik usia. 

Masker dan Scrub Wajah Yang Baik

masker kacang hijau

Selain kelezatannya, kacang hijau ini juga bisa menjadi perawatan kulitwajah yang baik. Anda bisa menggunakan kacang hijau sebagai scrub dan krim wajah yang baik. Cara membuat scrub kacang hijau juga tidak sulit, berikut langkah pembuatannya:

  • Haluskan kacang hijau hingga berbentuk bubuk yang halus.
  • Teteskan beberapa tetes air hangat hingga membentuk adonan pasta.
  • Oleskan ke wajah secara merata dan biarkan scrub tersebut mengering.
  • Bilas dengan air bersih.

Jika anda rutin menggunakan scrub kacang hijau ini, maka anda akan mendapatkan pori-pori wajah yang lebih bersih dan akan baik dalam mengatasi komedo, menyak berlebih dan mengurangi bintik-bintik hitam diwajah.

Perwatan Rambut dan Kulit Kepala

Mineral penting untuk perawatan kulit kepala yang baik adalah tembaga yang ada di dalam kacang hijau ini. Mengkonsumsi kacang hijau akan memastikan bahwa tubuh mendapatkan pasokan yang pas untuk merawat kulit kepala dan kesehatan rambut. 

Dimana kacang hijau akan menjadi masker rambut terbaik yang akan mebantu melancarkan pasokan oksigen untuk mendaptkan kulit kepala yang sehat, rambut panjang yang berkilau dan sehat. Cara membuat masker kacang hijau untuk rambut adalah sebagai berikut:

  • Giling kacang hijau sampai halus.
  • Tambahkan air campuran teh hijau ke dalam bubuk kacang hijau hingga mebentuk pasta.
  • Tambahkan juga minyak almond dan minyak zaitun kedalam pasta dan campurkan dengan baik.
  • Oleskan ke rambut anda dan tunggu hingga 20 menit setelah itu bilas dengan bersih.

Jika anda melakukan perawatan ini secara rutin, maka akan mengembalikan kesehatan kulit kepala dan rambut sehat yang berkilau. Ini akan mengembalikan pH alami kulit kepala hingga mengatasi masalah kekeringan hingga ketombe, loh.

Membantu Melancarkan Pencernaan

melancarkan pencernaan

Banyak orang yang mengalami gangguan metabolisme dan ini juga berlanjut dnegan gangguan keasaman dan gangguan pencernaan. Nah, ini adalah kegunaan dari kacang hijau dimana bagus untuk membatu melancarkan metabolisme tubuh. Kandungan serat yang dimiliki kacang hijau sangat membantu kelancaran metabolisme tubuh manusia.

Pengontrol Kolesterol

Penyakit jantung sangat umum akhir-akhir ini. Gaya hidup yang buruk adalah salah satu penyebab utama yang menambah banyak masalah jantung setiap hari. Kacang hijau meningkatkan laju pencernaan dan metabolisme tubuh manusia, yang pada gilirannya menurunkan pembentukan dan akumulasi kolesterol di dinding arteri dan kapiler. 

Penguatan Tulang

Kacang hijau dapat digunakan sebagai suplemen kalsium alami. Ini menjaga kesehatan tulang dan dapat membuat Anda aman dari patah tulang juga. Dan beragam masalah tulang lainnya.

Makanan Pelangsing

Satu porsi 100 gram kacang hijau hanya menawarkan 330 kalori, menjadikannya salah satu cara tersehat untuk menurunkan berat badan . Orang yang ingin menurunkan berat badan dapat memasukkan kacang hijau dalam makanan mereka untuk tetap sehat sambil menurunkan berat badan.

Menjaga Kesehatan Gusi

kesehatan gusi

Selain kalsium, kacang hijau juga kaya sodium. Sodium dibutuhkan untuk kesehatan gusi dan gigi kita. Masalah gusi seperti nyeri, kemerahan, bau busuk, perdarahan gusi dan kelemahan dapat dicegah dengan konsumsi makanan kaya sodium ini.

Mengatur Tekanan Darah

Ini adalah fakta yang terbukti bahwa kacang hijau adalah pengendali dan pengatur lemak. Selain itu, kehadiran sejumlah besar magnesium membuatnya menjadi pengatur tekanan darah yang sangat kuat. Ini mempertahankan tingkat magnesium dalam darah. Magnesium meringankan pembuluh darah dan menurunkan hipertensi. Ini, pada gilirannya, membuat tekanan darah tubuh terkendali.

Meningkatkan Fokus Mental dan Fokus

Orang yang menderita masalah konsentrasi dan memori lemah tentu harus mengkonsumsi kacang hijau. Kacang hijau kaya akan zat besi, yang membawa oksigen dalam darah dan menyuplai ke semua organ dan jaringan. Asupan kacang hijau memastikan suplai oksigen optimal ke seluruh bagian tubuh, termasuk otak manusia. Ini meningkatkan fokus dan menajamkan memori Anda juga.

Meningkatkan Imunitas

imunitas kacang hijau

Zat besi dalam kacang hijau membantu meningkatkan daya kekebalan dalam tubuh manusia. Penguat kekebalan ini memudahkan otot dan jaringan, yang pada gilirannya membuat darah darah tinggi dalam darah lebih aktif. Ini memberi tubuh kita kekuatan alami untuk melawan infeksi

Manfaat Anti Racun

Toksisitas adalah masalah serius dan dapat memiliki efek samping jangka panjang termasuk bisul dan kanker. Anda dapat menjaga tubuh Anda bebas dari racun dengan konsumsi kacang hijau. Akan memelihara kesehatan sirkulasi tubuh Anda juga. Menyingkirkan racun dari tubuh dengan mudah dan menjaga pembentukan radikal bebas.

Manfaat Anti-Kanker

Seperti disebutkan di atas, kacang hijau menjaga radikal bebas tetap terkendali. Radikal bebas ini bisa menjadi hasil dari polusi, stres, camilan yang tidak sehat dan keracunan dalam tubuh. Radikal bebas akan mengganggu pertumbuhan sel normal. Pertumbuhan sel yang tidak normal bahkan dapat menyebabkan kanker. Kacang hijau, yang merupakan penekan alami radikal bebas, adalah pilihan yang baik untuk mencegah kanker.

Pengontrol Gula

Kacang hijau meningkatkan pembentukan gula ramah dan mencegah pembentukan gula buruk dalam tubuh manusia. Gula yang ramah atau gula buah mudah dicerna dan tidak beredar dalam darah. Konsumsi kacang hijau adalah cara yang sangat efisien untuk mengatur metabolisme gula dalam tubuh dan bahkan dapat mencegah diabetes.

Menjaga Kesehatan Mata

menjaga kesehatan mata

Salah satu manfaat terbaik kacang hijau. Kacang hijau dibekali dengan vitamin ramah mata yaitu Vitamin C. Anti-oksidan alami, Vitamin C membantu retina mempertahankan fleksibilitasnya. Kacang hijau adalah pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata.

Meningkatkan Pertumbuhan

Pertumbuhan terhambat pada anak-anak adalah penyebab keprihatinan bagi semua orang tua. Kacang hijau memiliki manfaat dan memastikan pertumbuhan yang tepat pada manusia.  Ini mengandung campuran alami dari semua vitamin dan mineral yang diperlukan untuk memicu pertumbuhan hormon dalam tubuh. Alih-alih mencoba suplemen pertumbuhan buatan, seseorang dapat mengkonsumsi kacang hijau sebagai pengontrol pertumbuhan alami.

Pembekuan Darah

Setiap kali Anda menderita cedera akan menghasilkan ke pendarahan. Untungnya, gumpalan darah kita cepat dan memastikan tidak ada lagi darah yang hilang. Namun, jumlah Vitamin K yang tidak teratur dan tidak mencukupi mengganggu proses pembekuan. 

Demikianlah beberapa manfaat kacang hijau yang baik untuk beragam masalah kesehatan yang bisa anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi kacang hijau. Nah, menarik bukan?

Tinggalkan komentar