Manfaat Kacang Tanah Buat Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kacang Tanah Buat Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang tidak mengenal kacang tanah? Ada banyak olahan yang bisa dihasilkan oleh kacang tanah ini. Mulai dari rebusa, digoreng dan menjadi bahan adonan kue. Kacang serbaguna yang sangat lezat dan mudah ditemukan ini menjadi salah satu cemilan favorit kebanyakan orang. Apakah anda salah satunya? Selamat, anda adalah orang yang beruntung, karena ada banyak sekali manfaat kacang tanah yang akan kita ulas pada artikel kali ini. Apa saja manfaat kesehatan dari kacang tanah tersebut? Yuk simak!

1. Membantu Mencegah Diabetes

kacang tanah menceah diabetes

Bentuk diabetes yang paling umum pada orang dewasa adalah Diabetes tipe 2, ditandai oleh sensitivitas insulin yang buruk atau sekresi yang rendah. Meskipun mungkin untuk mengbati diabetes jenis ini, namun mencegahnya dari awal adalah cara terbaik.

Kacang tanah adalah alternatif pencegahan melalui beberapa hal, seperti kandungan karbohidrat dan gula yang relatif rendah serta jkarena adanya mangan. Mangan mempromosikan metabolisme lemak dan karbohidrat, memungkinkan lebih banyak glukosa memasuki sel otot dan sel hati, membantu menstabilkan kadar gula darah. Kondisi ini ideal untuk mempertahankan sensitivitas insulin yang bermasalah pada penderita diabetes.

2. Membantu Mencegah Perkembangan Batu Empedu

Batu-batu batu empedu bukanlah batu, melainkan gumpalan-gumpalan asam empedu semi-padat yang mungkin mengandung terlalu banyak kolesterol di dalamnya. Ini adalah penyebab paling umum dari batu empedu. Kacang tanah memiliki proporsi yang tinggi dari MUFA sehat (asam lemak tak jenuh tunggal), yang membantu mengurangi kadar kolesterol darah dari kolesterol “jahat” tau LDL, dan meningkatkan jumlah kolesterol baik atau HDL. Ini mengurangi kemungkinan asam empedu kaya kolesterol yang diproduksi dan tentunya akan menurunkan risiko batu empedu.

3. Meningkatkan Memori

Kacang tanah meningkatkan kualitas  memori. Hal ini diyakini karena adanya niacin dan resveratrol anti-oksidan, yang meningkatkan aliran darah ke otak dan juga memiliki kemampuan anti-oksidan yang kuat. Resveratrol adalah senyawa dalam anggur merah yang memberikan semua manfaat penting pada kesehatan, sedang dipelajari karena kemampuannya untuk mencegah penyakit otak neurodegeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer juga.

4. Kacang Tanah Mencegah Depresi

kacang tanah mencegah depresi

Depresi memiliki kaitan genetik yang kuat, tetapi juga sangat kuat akibat perubahan lingkungan dan neurologis terhadap bahan kimia otak. Secara khusus, penyebab utama nya adalah produksi serotonin, yang merupakan faktor utama yang berkontribusi terhadap diagnosis depresi. 

Kacang tanah mengandung tryptophan asam amino, yang diperlukan untuk sintesis serotonin. Serotonin membantu dalam memperbaiki suasana hati yang positif, dengan kekuatan resep yang bekerja dengan mekanisme yang sama untuk meningkatkan akumulasi serotonin.

5. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun kacang tanah ini sendiri penuh dengan kalori, kabar baiknya adalah makan dalam jumlah sedang tidaklah buruk dan sebenarnya dapat meningkatkan penurunan berat badan. Bagaimana? Karena kacang diisi dengan protein dan serat. 

Kedua nutrisi ini memiliki efek menekan nafsu makan, sehingga mengkonsumsi kacang tanah di antara waktu makan benar-benar dapat meredakan keinginan untuk mengemil dan membunuh hasrat lain yang mungkin Anda alami. Selain itu, ingatlah bahwa kacang sebenarnya baik untuk Anda, memberikan banyak manfaat kesehatan.

6. Membantu Memberikan Kulit Yang Sehat

kacang tanah menyehatkan kulit

Kacang kaya akan vitamin E dan juga vitamin B, yang membantu menjaga kesehatan kulit. Plus, kandungan lemak kacang membantu sel-sel kulit untuk memperkuat membran sel mereka – penghalang yang mencegah kehilangan air yang berlebihan. Daripada memilih pelembab yang mahal, cobalah segenggam penuh kacang tanah. Anda akan mendapatkan jauh lebih banyak untuk uang Anda.

7. Membantu Mengurangi Risiko Stroke

Walaupun tergolong sedikit langka, kacang tanah sebenarnya dapat menurunkan kemungkinan Anda mendapatkan resikon terkena stroke. Ini karena resveratrol, senyawa yang disebutkan secara singkat sebelumnya yang juga ditemukan dalam anggur merah dan anggur. 

Senyawa ini membantu mencegah kerusakan pembuluh darah yang disebabkan oleh angiotensin, suatu hormon seperti zat yang mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Angiotensin sangat diperlukan ketika tubuh mengalami dehidrasi ekstrim atau kehilangan darah, tetapi pada waktu lain hanya merupakan beban dalam mempertahankan tekanan darah normal. Pada saat yang sama, kacang dapat membantu meningkatkan kadar oksida nitrat yang dihasilkan, membantu pembuluh darah rileks dan melebar dengan lebih mudah.

8. Membantu Mencegah Kanker Perut

Meskipun makanan dengan jumlah senyawa anti-oksidan yang cukup dapat memainkan peran dalam pencegahan kanker, kacang tanah memiliki kemampuan mereka untuk mengurangi risiko kanker perut. Kacang tanah memiliki banyak senyawa yang dikenal sebagai polifenol dan di antaranya adalah anti-oksidan. 

Yang menarik adalah satu nama asam p-coumaric, senyawa yang mengurangi pembentukan senyawa berbasis nitrogen beracun di perut, yang dikenal sebagai nitrosamin. Nitrosamin adalah produk sampingan yang dibuat dari konsumsi daging asap, dan merupakan bahan pokok yang terbuat dari nitrat yang ditemukan di banyak daging yang diawetkan.

9. Berkontribusi Untuk Kehamilan Yang Sehat

kacang tanah baik untuk ibu hamil

Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi umum meningkat secara signifikan, dengan nutrisi spesifik berada dalam permintaan yang lebih tinggi. Di antaranya adalah asam folat, yang diperlukan untuk pencegahan cacat tabung saraf, menghindari spina bifida dan untuk pengembangan sistem saraf dan otak janin.

Asam folat dapat diperoleh dari makanan lain juga, tetapi kacang menawarkan keunggulan unik yang tidak dimiliki oleh makanan lain. Ini membantu mencegah alergi kacang. Diyakini bahwa dengan memperkenalkan kacang pada usia dini kemungkinan mengembangkan alergi kacang berkurang secara signifikan, karena tubuh tidak mengumpulkan antigen dengan kuat.

10. Alternatif Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang tanah memiliki banyak sifat menguntungkan yang berkontribusi terhadap kesehatan jantung Anda. Ini termasuk lemak baik, resveratrol dan banyak mineral mikro lainnya yang memfasilitasi fungsi optimal. Dengan juga mengurangi potensi konstriksi pembuluh darah, dan membantu membersihkan kolesterol, kacang sebenarnya sangat mendukung kesehatan jantung.

11. Dapat Membantu Mencegah “Kesalahan” Genetik

Kesalahan genetik kadang-kadang penyebab adanya penyakit turunan. Alih-alih membentuk sel dengan cara normal, kesalahan ditempatkan dalam untaian materi genetik, sehingga salinan berikutnya menjadi tidak sempurna. Sementara kesalahan genetik terjadi sepanjang waktu, dan sebagian besar tidak berbahaya, sejumlah kecil menghasilkan perubahan negatif. 

Kacang tanah mengandung jumlah biotin yang layak, yang membantu mengatur ekspresi gen. Biotin sering dikonsumsi oleh penderita diabetes atau orang dengan penyakit neurodegeneratif dalam upaya untuk memperlambat perkembangan dan pemecahan materi sel.

12. Mengobati Arthritis

kacang tanah

Arthritis adalah kondisi peradangan kronis yang berdampak pada lebih dari 50 juta orang dewasa di dunia. Namun berkat manfaat anti-inflamasi kacang, nyeri sendi bisa menurun. Niacin dalam kacang tanah juga meningkatkan gejala rematik sementara meningkatkan mobilitas sendi. Kacang tanah adalah alternatif alami yang baik untuk obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID). Masak, panggang, atau makan mentah-mentah, sesuai keinginan Anda agar bisa mendapatkan manfaat dari kacang tanah tersebut.

Nah, demikianlah beberapa manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh yang dapat anda peroleh dari mengkonsumsi secara rutin.

Tinggalkan komentar