Resep Puding Kacang Hijau Enak Bikin Nagih

Resep Puding Kacang Hijau Enak Bikin Nagih

Siapa diantara kita yang tidak menyukai kacang hijau? Pastinya hanya sedikit orang yang tidak menyukai jenis kacang yang satu ini. Kacang hijau kerap kita temukan pada kolak, bubur dan gorengan. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan hasil olahan terbaik dari kacang hijau. Salah satunya adalah mengolah kacang hijau menjadi puding yang lezat. Tertarik mencobanya? Tapi tahukah anda apa saja manfaat dan fakta nutrisi kacang hijau? Yuk kita simak dahulu uarian nya dibawah ini.

Manfaat Kesehatan Kacang Hijau

manfaat kacang hijau

Kacang hijau adalah bahan makanan yang cukup kalori, kaya protein, rendah lemak dan bebas kolesterol. Mengandung lebih sedikit senyawa antinutrisi dan tidak mengandung glikosida. Berikut fakta tentang manfaat kacang hijau :

  • 100 gram biji kering mengandung 347 kalori, dan 23,86 g atau 43% dari nilai harian protein yang direkomendasikan. 
  • Kacang hijau utuh memiliki konsentrasi serat makanan yang lebih tinggi untuk ukuran mereka, menyediakan 16,3 g atau 43% serat per 100 gram. 
  • Serat makanan telah terbukti mengurangi kadar kolesterol darah dengan menurunkan reabsorpsi asam empedu yang mengikat kolesterol di usus besar. Kacang hijau adalah makanan bebas gluten. 
  • Kacang hijau mengandung banyak vitamin B kompleks, terutama folat, tiamin, piridoksin, asam pantotenat, riboflavin dan niacin. Sebagian besar vitamin ini bekerja sebagai ko-faktor untuk enzim dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak.
  • Lebih jauh lagi, kacang hijau adalah sumber luar biasa beberapa mineral penting. 100 g kacang hijau kering mengandung tembaga-104,5% , besi-84%, mangan-45%, fosfor-52%, selenium-15%, kalsium-13%, dan seng-24%.

Seleksi dan penyimpanan

penyimpanan kacang hijau

Kacang hijau kering segar dapat tersedia di toko-toko kelontong. Di toko, pilih biji kering yang dikemas dalam wadah kering. Hindari biji-biji yang rusak karena serangga, rusak, layu, dan berubah warna karena kualitasnya yang rendah.

Di rumah, simpan seluruh biji kering dalam wadah plastik jauh dari kelembaban dan panas. Biji utuh dapat disimpan dengan baik selama beberapa bulan jika disimpan di tempat yang kedap udara.

Persiapan dan metode penyajian

penyajian puding kacang hijau

Sebagian besar orang menggunakan kacang hijau setiap hari dalam menu masakan mereka. Kacang hijau mengandung lebih sedikit senyawa anti-nutrisi, tidak seperti kacang lainnya. Mereka menimbulkan masalah lebih sedikit pada sistem pencernaan dan dapat dimasukkan dalam susu formula bayi sebagai sumber protein. Rendam seluruh kacang kering dalam air selama 1-2 jam. Meskipun perendaman tidak wajib, itu mempercepat waktu memasak secara keseluruhan, menghilangkan senyawa anti-nutrisi, dan memperkaya rasa.

Resep Puding Kacang Hijau

puding kacang hijau

Bukan hanya bubur yang menjadi olahan primadna dari kacang hijau. Kacnag hijau ini juga sangat nikmat ketika diolah sebagai puding, loh! Ini akan menjadi salah satu cemilan favorit yang mudah dan simpel.

Bahan:

  • 150 gr  kacang hijau yang direbus dan diblender
  • 1 bungkus agar-agar bubuk 
  • 1 sdtjeli instan 
  • 700 ml santan cair
  • 1/4 sdtgaram 
  • 50 gr gula jawa
  • 3 buah putih telur 
  • 100 gr gula pasir 

Cara Membuat:

  • Rebus agar-agar jeli instan tersebut bersamaan dengan gula dan garam dan jangan lupa untuk tetap mengaduk sampai adnan mendidih. Kemudian masukan kacang hijau yang tealh di haluskan tadi. Dauk lagi hingga mendidih dan rata. Keluarkan dan sisihkan.
  • Kocok putih telur hingga adonan tersebut mengembang secara mereta masukan gula pasir dan campurkan. Kemudian campurkan dengan adonan agar-agar, kocok hingga merata dan kemudian tuangkan kedalam loyang atau wadah agar-agar.

Nah, setelah ini anda hanya perlu menunggu puding tersebut dingin atau bekukan didalam kulkas. Mudah, bukan?

Tinggalkan komentar