Teknik Dasar Softball Lengkap Beserta Gambar

Teknik Dasar Softball Lengkap Beserta Gambar

Softball adalah sebuah permainan yang mirip dengan permainan bola kasti. Permainan ini merupakan olahraga yang dilakukan beregu yang terdiri dari dua tim dalam satu permainan. Olahraga Softball diciptakan oleh George Hancock yang pertama kali dimainkan pada tahun 1887 di Amerika Serikat. Dalam permainan ini terdiri dari 9 pemain pada setiap timnya. Berikut beberapa teknik dasar dalam permainan softball yang harus diperhatikan :

Teknik Dasar dalam Memegang Bola

Pertama kali belajar tentang softball, ada teknik dasar yang harus dipelajari. Terdapat tiga teknik dasar memegang bola dalam permainan softball, yakni sebagai berikut.

1. Memegang Bola Dua Jari

Memegang Bola Dua Jari

Teknik ini cocok untuk pemain yang memiliki ukuran tangan yang besar dan jari yang panjang. Caranya, tempatkan jari telunjuk dan jari tengah di bagian atas bola. Sedangkan tiga jari lainnya sebagai penyangga di bagian bawah bola.

2. Memegang Bola Tiga Jari

Memegang Bola Tiga Jari

Teknik satu ini cocok untuk pemain softball yang ukuran tangannya kecil dan jarinya yang pendek. Caranya, menempatkan tiga jari di bagian atas bola, yaitu jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Sedangkan dua jari lainnya menyangga di bagian bawah bola.

3. Memegang Bola Empat Jari

Memegang Bola Empat Jari

Teknik dengan empat jari ini cocok untuk pemain baru atau pemula serta memiliki jari yang pendek. Caranya, menempatkan kelima jari tangan di sekeliling bola hingga membentuk seperti menggenggam. Biasanya teknik ini dilakukan oleh anak-anak yang ukuran tangannya kecil.

Teknik Dasar dalam Melempar Bola

Setelah teknik memegang bola, berikutnya adalah teknik melempar bola. Teknik melempar bola dibagi menjadi tiga cara, yaitu sebagai berikut.

1. Lemparan Atas (overhand throw)

Lemparan Atas (overhand throw)

Caranya, ayunan tangan dan langkah kaki dengan berat badan ditumpukan pada kaki yang di depan dan badan sedikit condong ke belakang ketika melakukan lemparan bola. Ketika melempar, gerakan ayunan lengan ke arah atas melewati garis horizontal pada persendian bahu.

2. Lemparan Samping (side hand throw)

Lemparan Samping (side hand throw)

Ketika melempar lengan bawah sejajar dengan bahu serta sedikit lecutan pada pergelangan tangan. Teknik ini cocok untuk lemparan jarak pendek dengan waktu yang cepat. Teknik ini akan menghasilkan lemparan bola lurus dan lebih cepat.

3. Lemparan Bawah (underhand throw)

Lemparan Bawah (underhand throw)

Lemparan dengan teknik ini biasanya dilakukan ketika dalam keadaan darurat dan dalam waktu cepat. Cara melakukannya adalah posisikan tubuh Anda membungkuk dan kedua kaki sedikit ditekuk. Teknik ini biasanya dilakukan secara cepat guna mematikan tim lawan. Hasil jalan bola memang sedikit lambat namun sasarannya tepat.

4. Lemparan dengan Lecutan

4. Lemparan dengan Lecutan

Untuk melakukan teknik ini, yang perlu dan harus diperhatikan adalah gerakan melempar bola, diantaranya : ketepatan, kecepatan, melempar dan jalannya bola agar dapat dilakukan secara mudah.

Gerakan melempar harus melalui 4 fase yaitu posisi badan berdiri tegak, gerak awalan dengan benar, gerak melempar dan gerak lanjutan dengan tepat dan dengan waktu yang tepat pula. Jika pemain tersebut sudah lama melakukan permainan softball akan memiliki feeling yang tepat kapan gerakan gerakan itu dilakukan.

Teknik Dasar dalam Menangkap Bola

Apabila sudah mampu melempar bola, maka selanjutnya seseorang harus bisa menangkap bola. Dalam permainan softball terdapat tiga teknik dalam menangkap bola, yaitu sebagai berikut.              

1. Bola Menggelinding (ground ball)

. Bola Menggelinding (ground ball)

 Jika bola datang dengan menggelinding di tanah, tangkap lah dengan posisi duduk dengan tumpuan lutut dan tangan yang sudah mengenakan glove diposisikan menjemput bola dari arah datangnya bola. Sedangkan tangan yang lain siap untuk melempar bola.

2. Bola Lambung

Bola Lambung

Caranya posisikan badan tepat di titik bola akan jatuh. Menangkap bola dengan teknik satu ini bisa dilakukan dengan satu tangan saja atau dengan kedua tangan secara bersamaan.

3. Bola Datar (straight ball)

bola Datar (straight ball)

Caranya posisi badan berdiri dengan kaki dibuka lebar, pandangan mata tetap lurus ke depan ke arah bola akan datang dan posisikan tangan tepat di depan dada. Tangkap dengan tangan sebelah kiri yang mengenakan glove, sedangkan tangan satunya siap untuk melempar bola.

Teknik Dasar dalam Memegang Alat Pemukul

Teknik Dasar dalam Memegang Alat Pemukul

 Dalam memegang stick/pemukul harus dipegang dengan erat dan posisi kedua tangan harus rapat agar semakin kuat untuk menghindari terjatuh ketika memukul bola. Jika posisi tangan lebih nyaman sedikit renggang, maka posisikan tangan kanan di atas dan tangan kiri di bawah. Teknik dasar dalam memegang pemukul ada tiga, yaitu pegangan atas, pegangan tengah, dan pegangan bawah.

Teknik Dasar dalam Memukul Bola

Olahraga softball juga menuntut adanya keterampilan dalam memukul bola. Dalam teknik memukul bola dibagi menjadi dua teknik, yaitu sebagai berikut.

1. Pukulan Swing (pukulan dengan ayunan)

Pukulan Swing (pukulan dengan ayunan)

Posisi badan berdiri dengan kaki dibuka sedikit lebar, kemudian kaki kiri diputar lurus dengan pitcher. Berat badan ditumpukan pada kedua kaki dan sedikit condong ke depan. Memegang alat pemukul posisikan di atas bahu dengan lengan sebelah kanan lebih rendah dari lengan sebelah kiri. Pandangan mata tetap lurus ke arah datangnya bola dari pitcher.

Sikap ketika melakukan pukulan, alat pemukul diayunkan ke arah datangnya bola yang dilemparkan pitcher dengan kaki sebelah kanan sedikit ditekuk sedangkan kedua tangan lurus. Sikap akhir setelah memukul bola diikuti ayunan bat sebagai gerakan lanjutan.

2. Pukulan Tumbuk/Bunt (pukulan tanpa ayunan)

Pukulan Tumbuk/Bunt (pukulan tanpa ayunan)

Pukulan bunt adalah pukulan yang tanpa memberikan ayunan. Pemukul hanya menahan datangnya bola sehingga bola jatuh dekat dengan seorang yang bagian sebagai pemukul. Pada teknik ini, posisi kaki cukup dengan posisi yang sejajar dengan arah datangnya bola.

Teknik Dasar dalam Berlari ke Base

Teknik Dasar dalam Berlari ke Base

 Dalam permainan softball, teknik berlari dilakukan setelah pemain memukul bola yang dilempar oleh pitcher. Teknik lari yang digunakan oleh pemain harus lari sprint atau biasa disebut lari cepat. Teknik sprint dilakukan dengan bagian ujung kaki.

Lalu, ayunan tangan dikondisikan agar tidak tegang dengan posisi badan condong ke arah depan dan paha diangkat tinggi.  Jika Anda akan melewati lebih dari satu base, sebaiknya Anda melakukan lari menikung dengan jarak jauh dari base, sekitar 2-4 meter jarak Anda dengan base Anda harus sudah lari menikung.

Teknik Dasar dalam Melakukan Sliding / Meluncur

Teknik Dasar dalam Melakukan Sliding / Meluncur

Sliding merupakan gerakan dengan meluncurkan badan untuk menuju base yang akan dicapai tanpa mengurangi kecepatan kaki. Melakukan teknik ini, posisi kaki atau tangan harus menyentuh base agar dapat dianggap sah sampai di base.

Tujuan dalam melakukan teknik ini adalah sampai di base secara cepat dan menghindar dari sentuhan lawan dengan cara menjatuhkan badan, memegang base menggunakan tangan atau kaki terlebih dahulu untuk mencapai sah sampai di base.

Itulah beberapa teknik dasar lengkap yang harus diperhatikan oleh para pemain softball baik yang pemula atau bahkan yang sudah lama bermain permainan softball ini. Beberapa informasi tersebut mulai dari teknik dasar memegang bola, melempar bola, menangkap bola, memegang alat pemukul, memukul bola, hingga teknik dasar menuju base baik dengan teknik lari ataupun menggunakan teknik meluncur/sliding.

Tinggalkan komentar